Translate

Wednesday, August 10, 2016

Mengapa Kaki Belakang Hyena Pendek?

Serigala dan hyena (hewan pemakan daging yang berada di Asia, Afrika, dan Arab) adaIah bersaudara. Dahulu kala, mereka suka memakan awan.

Suatu hari, serigala melompat ke langit dan dengan lahap memakan awan. Saat serigala hendak turun, ia minta tolong kepada hyena.

"Saudaraku, kau tangkaplah aku!" serigala menjatuhkan diri dan ditangkap oleh hyena.

Kemudian, giliran hyena pergi ke langit dan memakan awan. Lama sekali, hyena makan awan. Selesai makan, perutnya menjadi gendut dan beratnya bertambah.

"Kakakku, sekarang gantian tangkap aku!" kata hyena.

"Baiklah adikku, aku akan menangkapmu," jawab serigala.

Serigala mengangkat tangannya bersiap menangkap. Hyena menjatuhkan dirinya. la jatuh dengan cepat karena tubuhnya menjadi berat.

Tiba-tiba, kaki serigala digigit semut merah. la berteriak kesakitan, "Oh, Saudaraku. Aku tidak bisa menangkapmu. Kakiku sakit digigit semut!"

Tapi terlambat, hyena sudah terlanjur meluncur turun. Hyena terjatuh ke tanah dengan kaki belakang yang menyentuh tanah lebih dulu.

Hyena mengaduh kesakitan, "Aduhhhh, sakitttt...."

Kemudian, hyena tidak bisa berjalan cukup lama. Sejak saat itu, dua kaki belakang hyena menjadi lebih pendek daripada dua kaki depannya. Tidak percaya? Coba saja pergi ke kebun binatang dan perhatikan kaki hyena.

Pesan moral:
Jangan bermain-main dengan permainan yang berbahaya. Sayangilah adik dan kakakmu dengan sepenuh hati. jagalah mereka agar tidak celaka.



Sumber: dongengceritarakyat.com

No comments: