Translate

Wednesday, August 10, 2016

Mengapa Ada Orang Berkulit Putih Dan Berkulit Hitam?

Dahulu kala, ada empat orang laki-laki yang menempuh perjalanan bersama. Suatu hari, mereka tiba di antara dua buah sungai. Sungai pertama bersih dan bening, sedangkan sungai kedua hitam dan kotor.

Empat laki-laki itu bingung harus menyeberangi sungai yang mana. Jika menyeberangi sungai yang hitam dan kotor, mereka akan lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Sementara, jika menyeberangi sungai yang bening dan bersih, tempat tujuan mereka jadi lebih jauh.

Empat laki-laki itu berdiskusi. "Kita harus lewat sungai yang hitam dan kotor agar cepat sampai tujuan!" kata seorang di antara mereka.

"Aku takut pada airnya," kata seorang Iaki-Iaki lain yang jarang bertemu air.

Akhirnya mereka berpisah, dua orang menyeberangi sungai yang hitam dan kotor. Dua orang Iainnya menyeberangi sungai yang bersih dan bening.

Dua orang yang menyebrangi sungai yang dan kotor terkejut mendapati kulit mereka berubah menjadi hitam. Sementara, dua orang yang menyeberangi sungai yang bersih dan bening juga terkejut mendapati kulit mereka menjadi putih.

Si kulit hitam pergi dan menemukan desa dengan wanita-wanita hitam seperti mereka. Akhirnya, mereka menikahi wanita-wanita itu dan keturunan mereka menjadi orang kulit hitam.

Sementara itu, dua orang berkulit putih menemukan kota besar dengan wanita-wanita putih seperti mereka. Akhirnya mereka menikahi wanita- wanita itu dan keturunan mereka menjadi orang kulit putih. ltulah asal mula munculnya orang kulit putih dan orang kulit hitam.

Pesan moral:
Setiap orang berhak menentukan pilihan masing-masing. Sernua manusia diciptakan sama oleh Tuhan. Jangan pernah membeda-bedakan orang dari warna kulit.

Sumber: dongengceritarakyat.com

No comments: