Translate

Friday, August 19, 2016

laba-laba yang sombong

Pada suatu hari, di sebuah hutan hiduplah seekor Laba-laba yang sangat sombong dan seekor Ulat Sutra. Laba-laba selalu menyombongkan dirinya sendiri dapat membuat pintalan jaring dengan sangat cepat. Sedangkan Ulat Sutra, ia memintal dengan sangat lambat. Namun, hasil dari pintalannya sangat indah dan kuat.

Suatu hari, seekor Laba-laba pergi menemui Ulat Sutra yang sedang asik memintal.

‘’ Hei Ulat Sutra, mengapa kamu memintal dengan sangat lambat? Kau payah sekali! Hahaa.’’ Ujar Laba-laba dengan kesombongannya.

Ulat Sutra hanya tersenyum mendengar perkataan Laba-laba, ia sama sekali tidak menghiraukannya. Ia tetap melanjutkan pekerjaannya.

‘’ Aku akan menunjukkan bagaimana caranya memintal dengan sangat cepat.’’ Ujar Laba-laba. Ia langsung membuat sebuah jaring dengan sangat cepat. Tidak menunggu waktu yang lama, jaringnya sudah selesai ia buat.

‘’ Hebat bukan jaring yang ku buat ini? Tanya Laba-laba dengan keangkuhannya.

‘’ Aku akui kau dapat memintal dengan sangat cepat. Tapi, apakah hasilnya akan sekuat dan seindah buatanku ini? Manusia dapat menilai hasilnya nanti.’’ Jawab Ulat Sutra santai dan tersenyum melanjutkan pekerjaanya.

‘’ Hahaa, tapi manusia akan menguliti sutramu itu. Sehelai demi sehelai. Kepompong yang sangat indah itu hilang diambil manusia. Sayang sekalikan? Bukankah ini hal yang sangat bodoh. hahaa’’ ejek Laba-laba menertawakan Ulat Sutra.

‘’ Apakah kau tidak melihat apa yang sudah kau perbuat? Aku memintal sarangku untuk tempat hidup. bukan untuk mencelakakan diri sepertimu. Lihatlah dirimu Laba-laba, kau memintal hanya digunakan untuk menjebak Serangga kecil yang sangat lucu dan mati di sana. Apakah pernah kau berpikir itu adalah hal yang sangat kejam?’’ Jawab Ulat Sutra kesal.

Mendengar yang di katakana Ulat Sutra, Laba-laba menjadi sangat kesal. Ia merasa sangat di permalukan oleh Ulat Sutra. Pada suatu hari, Laba-laba berniat untuk merusak jaring pintalan Ulat Sutra yang sangat indah dan kuat.

Diam-diam ia pergi ke tempat Ulat Sutra. Dengan sekuat tenaga ia berusaha merusak jaring yang sudah di buat rapi oleh Ulat Sutra. Ia berusaha sekuat tenaga untuk merusak jaring tersebut agar berubah menjadi rusak dan jelek, dan tidak ada yang mau menggunakannya

Namun, tiba-tiba saja Laba-laba terpeleset dan jatuh tergulung oleh jarring hasil pintalan Ulat Sutra. Laba-laba berusaha keluar dari jaring tersebut. namun, usahanya sia-sia. Pintalan Ulat Sutra terlalu kuat dan tidak mudah untuk di rusak. Akhirnya, ia pun mati di dalam sarang Ulat Sutra.

Pesan moral:
Orang yang sombong tidak akan disukai oleh orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Sumber: dongengceritarakyat.com

No comments: