Translate

Wednesday, August 17, 2016

katak yang sombong

Suatu hari, hiduplah seekor Katak yang tinggal di sebuah sumur yang sangat dangkal. Ia adalah seekor Katak yang sangat sombong dan sangat percaya diri. Setiap hari, ia selalu membanggakan sumur dangkal tempat tinggalnya tersebut.

Pada suatu hari, Katak sedang asik berjalan-jalan di pinggir sumur. Namun, secara tiba-tiba. Ia bertemu dengan hewan yang sangat aneh. Baru pertama kali ia melihat hewan tersebut, hewan tersebut membawa rumahnya kemanapun ia pergi.

‘’ Hei, siapa kau? Aku baru pertama kali ini melihatmu.’’ Tanya Katak.

‘’ Aku adalah Penyu dari Laut Timur yang indah. Kau sendiri siapa? Kata Penyu.

‘’ Aku adalah Katak. Aku penguasa sumur ini. Sekali melompat, aku bisa mencapai bibir sumur ini. Saat aku melompat ke dalam air, hanya selutut saja yang tergenang. Tidak seperti seekor Cacing, Kepiting, dan Kecebong yang tenggelam di dalam air sumur. Aku adalah hewan yang sangat tinggi di sumur yang dangkal ini. Kau harus sering bermain ke rumah ku ini teman!’’ kata Katak membanggakan diri kepada Penyu.

Penyu pun sangat penasaran dengan sumur dangkal. Akhirnya, ia masuk ke dalam bibir sumur. Namun, sebelum kakinya menginjak bibir sumur tersebut , lutut kaki Penyu terbentur mengenai bibir sumur. Penyu menjadi sangat ragu karena sumur itu sangat sempit sekali dan tubuhnya tidak dapat masuk kedalam sumur dangkal milik Katak.

Akhirnya, Penyu pun menceritakan tentang laut timur yang sangat indah kepada Katak teman barunya tersebut.

‘’ Temanku, tahukah kau laut timur? Laut timur sangat luas sekali, melebihi apa yang bisa kau bayangkan dalam pikiranmu. Laut timur juga sangat dalam , mencapai ribuan kilometer kedalamannya. Pada zaman Kerajaan yang di pimpin oleh seorang Raja yang sangat bijaksana. Terjadilah kekeringan selama tujuh tahun lamanya. Namun, air laut timur sama sekali tidak berkurang sedikitpun. Kebahagian terbesar adalah aku dapat hidup di laut timur.’’ Kata Penyu menceritakan laut timur.

Katak sangat terkejut mendengar apa yang di ceritakan Penyu, tentang laut timur yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Akhirnya, ia pun sadar bahwa dirinya bukanlah yang terbesar, bahkan bukan juga yang terhebat di dunia. Ia merasa sangat malu karena selama ini sudah menyombongkan diri dan terlalu percaya diri

Pesan moral:
Banyaklah belajar sehingga pengetahuanmu luas. Dengan banyak belajar kamu jadi tahu banyak hal. Selain itu jangan sombong karena sehebat apapun kamu, akan ada orang yang lebih dari kamu.


Sumber: dongengceritaraykat.com

No comments: