Translate

Friday, August 12, 2016

Belajar dari masa lalu

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda dan juga masa lalu yang berbeda-beda, oleh karena itu setiap orang akan memiliki pengalaman hidup yang berbeda juga. Setiap kita dibangun dalam rohani, kita akan memiliki cara tersendiri untuk menjalani tantangan hidup ini. Seburuk-buruknya masa lalu, jika kita bisa mengambil hikmahnya, maka kita akan bisa belajar dan bangkit.

Hal yang bisa dipelajari dari masa lalu:
  • Berani jujur dan terbuka
Orang yang berani terbuka dengan masa lalu pada orang lain maupun dirinya, berarti ia sudah menerima masa lalunya. Ia sudah belajar melalui hal tersebut dan ia kembali bangkit. Ketika seseorang tidak bisa terbuka atas hidupnya di masa lalu, maka ia belum paham akan permasalahan dan penyelesaiannya. Penyelesaian masalah dari setiap hal yang dilakukan harus dilihat dari akar permasalahan, apa yang telah dilakukan atau apa yang sudah terjadi sebelumnya.

  • Akan semakin dewasa
Jangan terlalu bangga akan diri kita, karena di atas kita sebenarnya masih banyak. Jangan menganggap diri mengetahui segala sesuatu, tetapi hendaknya terus belajar dan rendah hati. Karena dengan permasalahan yang dihadapi, kita mengalami perubahan dalam cara berpikir, yakni semakin dewasa.

  • Segala sesuatu yang tidak bermanfaat akan dibuang
Segala sesuatu yang masuk ke dalam hidup kita akan mengalami penyaringan, apa yang bermanfaat akan menjadi kekuatan dalam hidup kita, namun segala sesuatu yang tidak bermanfaat akan dibuang. Anggap saja kita seperti naik level. Naik level dalam bertindak, berkata, bekerja, dan melayani sesama. Konsep berpikir kita semakin diubah.
  • Melupakan apa yang ada di belakang dan mengarahkan diri kepada apa yang ada di depan
Lupakan masa lalu yang buruk, sedih, atau menyakitkan. Tinggalkan semuanya dan mengarahkan diri kita pada hal-hal yang ada di masa depan. Orang tidak melupakan masa lalunya yang menyakitkan, akan sulit untuk maju ke depan karena masih merasa ada beban.
  • Berupaya untuk melakukan sesuatu yang terbaik
Berlarilah untuk mendapatkan kemenangan. Fokus dengan tujuan hidup. Apa yang menjadi sumber kebahagiaan dan bagaimana cara mendapatkannya. Tidak lupa, berdoa!

No comments: